Minggu, 22 September 2013

Perahu Jadi Transportasi Utama Warga Pulau Tiga Natuna


Perahu kayu merupakan salah satu transportasi laut yang menjadi sarana utama masyarakat Kecamatan Pulau Tiga. Sebab dari 10 desa di kecamatan ini berada pada beberapa pulau.RANAI (HK) - Perahu kayu merupakan salah satu transportasi laut yang menjadi sarana utama masyarakat Kecamatan Pulau Tiga. Sebab dari 10 desa di kecamatan ini berada pada beberapa pulau.

Menurut Anggota DPRD Natuna, Raja Marzuni, Kecamatan Pulau Tiga merupakan wilayah kepulauan.  Oleh karena itu  sarana perahu kayu menjadi transportasi utama untuk menghubungkan antara satu desa ke desa lainnya.

"Jadi sarana perahu kayu adalah kendaraan utama warga  karena wilayah kami yang sebagian besar adalah lautan," ujar Raja Marzuni belum lama ini.

Kata Marzuni, untuk menjangkau ibu kota Natuna yakni Kota Ranai, masyarakat Kecamatan Pulau Tiga mesti menggunakan perahu kayu atau pompong untuk menyeberang menuju pelabuhan Selat Lampa. Jarak tempuh dibutuhkan waktu 20-30 menit perjalanan.

"Jadi masyarakat harus menyeberang menuju pelabuhan Selat Lampa dengan menggunakan pompong," terang politisi Partai Persatuan Pembangunan ini.

Marzuni menjelaskan, sebagian besar masyarakat Kecamatan Pulau Tiga bekerja sebagai nelayan, selebihnya bekerja sebagai buruh bangunan, dan petani. Kendati demikian, seiring berjalannya waktu, perekonomian masyarakat Pulau Tiga terus mengalami peningkatan.

"Sesuai dengan kondisi geografis daerah kami, masyarakat Pulau Tiga banyak bekerja sebagai nelayan, dan usaha kerambah ikan. Sisanya  mengolah kebun cengkeh, kebun kelapa dan buruh bangunan," jelasnya.

Menurut Marzuni, yang masih harus diperhatikan di Kecamatan Pulau Tiga adalah  pelayanan kesehatan. Sebab bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari Puskesmas harus menempuh perjalanan laut menggunakan perahu.

Sumber: HaluanKepri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar